5 Manfaat Bawang Putih Bagi Tubuh

  • Whatsapp
Manfaat Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan yang diketahui banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Selain karena rasanya yang lezat, ternyata bawang putih memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh ketika Anda mengonsumsi bawang putih. Hal ini pun sudah dibuktikan dalam sejumlah penelitian. Selengkapnya, berikut ini adalah 5 manfaat mengonsumsi bawang putih bagi tubuh yang perlu Anda ketahui.

  1. Dapat Menurunkan Kolesterol

Manfaat bawang putih yang pertama adalah dapat menurunkan kolesterol. Sejak jaman dahulu, bawang putih sudah dianggap sebagai salah satu bahan terbaik untuk pencegahan kolesterol. Menurut penelitian, memakan sekitar 10 gram bawang putih mentah atau sekitar 1 hingga 2 siung setiap harinya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam jangka waktu panjang. Penurunan ini berada pada angka 10% hingga 13%. Kandungan allicin dalam bawang putih berfungsi untuk menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Tidak hanya untuk orang yang terkena kolesterol, bagi orang yang hipertensi, bawang putih juga memiliki fungsi yang cukup besar. Manfaat bawang putih sebagai makanan penurun tekanan darah telah lama dikenal di dunia medis. Bahkan, banyak orang yang menjadikan bawang putih sebagai obat hipertensi generik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dampak penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik setelah memakan bawang putih mentah hampir sama dengan obat atenolol. Pengendalian tekanan darah ini dilakukan oleh kandungan allicin dalam bawang. Tidak hanya itu, bawang putih juga mengandung polisulfida yang bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah sehingga berdampak pada penurunan tekanan darah.

  1. Menyehatkan Jantung

Manfaat ketiga dari mengonsumsi bawang putih adalah mencegah risiko penyakit jantung. Bawang putih yang dikeringkan atau aged garlic diketahui dapat mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aged garlic dapat menurunkan kadar kalsium serta protein C-reaktif dalam arteri koroner. Endapan kalsium dalam arteri koroner merupakan tanda adanya penumpukan plak yang dapat mempersempit atau menyumbat arteri. Sementara protein C-reaktif adalah protein khusus yang memicu peradangan.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Menurunkan risiko kanker adalah manfaat berikutnya dari mengonsumsi bawang putih. Menurut penelitian, tingkat konsumsi bawang putih secara rutin akan berdampak pada penurunan risiko beberapa jenis kanker. Hal ini dikarenakan bawang putih mentah memiliki kandungan sulfur aktif yang sangat banyak. Sulfur aktif memiliki fungsi untuk mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Sebuah penelitian menemukan bahwa turunan karbohidrat dalam bawang putih yang lebih dikenal dengan nama FruArg memiliki fungsi untuk melindungi sel-sel otak terhadap efek penuaan dan penyakit. Kandungan FruArg disebut dapat mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikroglia di dalam otak selama melawan peradangan dan stres oksidatif. Sel mikroglia sangat berperan besar dalam penjagaan kesehatan sistem saraf. Kadar oksida nitrat yang berlebihan diketahui bisa menjadi penyebab kerusakan sel otak. Kandungan FruArg dalam bawang putih dapat memperbanyak sel mikroglia tanpa memicu peningkatan kadar oksida nitrat dalam otak. Manfaat ini juga membuat otak terhindar dari penyakit seperti alzheimer dan juga demensia.

Nah, itu dia 5 manfaat bawang putih yang bisa Anda dapatkan bila rutin mengonsumsi bawang putih. Anda disarankan untuk mengonsumsi bawang putih mentah karena kandungannya lebih banyak dibandingkan ketika sudah dimasak. Selamat mencoba.

Related posts